Februari MM Unair untuk Cinta Surabaya Bersih

  • By Humas FEB
  • In MM News
  • Posted 13 Februari 2017

Bulan Februari seringkali diidentikkan dengan hari berbagi cinta kasih. Dan banyak pihak masih menjadikannya sebagai bahan diskusi yang kontroversif, namun MM FEB Unair melihat dari perspektif yang berbeda. Bulan Februari dijadikan salah satu momentum untuk melaksanakan aktivitas CSR. Bekerja sama dengan Mobilio Indonesia Community (Mobility), diadakan aktivitas yang berbeda dari aktivitas berkaitan dengan hari kasih saying lainnya.

Pada hari Minggu, 12 Februari 2017, puluhan mobil Honda Mobilio dari berbagai daerah di Jawa Timur dipimpin oleh Ketuanya Dadi Haryadi, berkumpul di halaman MM FEB Unair. Salah seorang anggota, Heru, bahkan berasal dari Pacitan, berangkat sejak tengah malam untuk dapat bersosialisasi temu darat bersama anggota komunitas lainnya.

Aktivitas temu darat oleh Mobility kali ini memunculkan aktivitas CSR yang berbeda. MM FEB Unair dan Mobility melihat rasa cinta tidak hanya harus diberikan kepada pasangan dan keluarga, namun juga kepada kota Surabaya. Untuk itu dimunculkan tema aktivitas adalah “Love Surabaya, green & clean”. Tema tersebut ada berawal dari keprihatinan banyaknya pengguna mobil yang masih suka membuang sampah sembarangan keluar mobil. Bahwa merekalah yang lebih pantas disebut ‘tukang sampah’, karena membuang sampah sembarangan. Sedangkan yang biasa disebut tukang sampah pada dasarnya adalah ‘petugas kebersihan’. Dengan demikian pada acara ini, MM FEB Unair dan Mobility berusaha melakukan social marketing, yakni aktivitas untuk merubah sikap dan perilaku para pengguna mobil dalam menjaga kebersihan kota. Hal ini juga diperkuat, oleh salah seorang petugas, Sukandar, yang dianggap sebagai sesepuh para petugas kebersihan menyampaikan bahwa mereka seringkali juga menemui para pengguna mobil membuang sampah di jalan yang sudah disapu dan juga di sungai. Masih banyak para pengguna mobil yang belum memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan kotanya.

Untuk itu Mobility bermaksud untuk menjadi salah satu komunitas mobil yang memberikan contoh untuk berkendara bukan hanya memenuhi Safety Riding, namun juga Green Riding. Mobil para anggota Mobility dilihat kelengkapannya untuk alat-alat pendukung kebersihan di dalam mobil, seperti tempat sampah, sapu, cikrak, dll. Semua mobil juga dicek kadar emisinya oleh Bengkel Royal Honda Kenjeran. Mobil yang terlengkap alat kebersihannya dan paling baik kadar emisinya mendapat penghargaan.

Lebih lanjut, dalam acara tersebut juga dilakukan aktivitas filantropi yakni dengan memberikan cindera mata para petugas kebersihan, sebagai apresiasi Mobility dan MM FEB Unair kepada para petugas tersebut. Selain juga dihibur dengan hiburan musik. Bahkan Sukandar sebagai petugas kebersihan ikut menyumbangkan suara bernyanyi “Tidak Semua Laki-laki”

Selain aktivitas CSR, anggota Mobility berkunjung ke MM FEB Unair juga dengan tujuan meningkatkan pendidikan anggotanya. Dalam kesempatan tersebut, KPS MM FEB Unair, Dr. Gancar C. Premananto menyampaikan materi yang sangat berkaitan yakni mengenai Brand Community dan CSR yang bernilai publikasi. Materi yang disampaikan mendapat antusiasme dari para anggota Mobility, yang rata-rata datang bersama keluarganya. Bahkan dilakukan pemberian door prize menginap di hotel Maxone Dharmahusada dan hotel Artotel Surabaya berkaitan dengan materi manajemen yang diberikan.

Acara berakhir dengan kegembiraan dari semua pihak, baik dari paguyuban petugas kebersihan, anggota Mobility maupun dari staf MM FEB Unair. Semoga keberkahan kepada semua pendukung acara... Aamiin.

Hits 4289