Membangun Startup di Era Digital

  • By Humas FEB
  • In MM NEWS
  • Posted 22 Mei 2017

Sebuah event expo dan seminar telah diselenggarakan di Jatim Expo, tentang bisnis rintisan (Startup Business) pada tanggal 19-21 Mei 2017. Dan anino masyarakat cukup tinggi untuk mencari informasi dan inspirasi peluang usaha.
Dan dari beberapa materi, salah satu materi yang ditunggu adalah berkaitan dengan pemasaran usaha rintisan baik kepada investor maupun kepada konsumen. Hal tersebut merupakan materi yang memang menjadi permasalahan para pebisnis startup. Mereka sudah memiliki ide inovatif, namun kurang memiliki saluran untuk bisa memasarkan ide hebatnya. Untuk menjawab permasalahan tersebut dihadirkan Dr. Gancar C. Premananto (KPS MM FEB Unair), Michael Sugiharto (Founder Celebgramme & Digimaru), dan Herwanto Sidik Prabowo (Kasubdit Modal Ventura BEKRAF).

Dalam kesempatan tersebut, disampaikan oleh Gancar, bahwa pebisnis harus dapat belajar seperti ikan hiu, yang selalu bergerak, aktif mencari peluang. Seringkali pebisnis hanya berfikir hal-hal yg konvensional dan hard selling saja dalam pemasarannya. Maka dicontohkan oleh Gancar, bagaimana MM dapat mempublikasikan diri di media cetakndan elektronik tanpa membayar sepeserpun. Aktivitas yg out of the box dan bernilai publikasi harus dimunculkan, agar memberikan aspek pemasaran yang soft selling dan memiliki nilai berita. Memunculkan diferensiasi, tidak melakukan me too program adalah hal yang menjadi anjuran para akademisi dan praktisp pemasaran, bahkan juga dianjurkan Nabi Muhammas saw.

Selamat berjuang para pebisnis startup. (gcp)

Hits 464