Haruskah Berlomba untuk Kebaikan?

Suaramuslim.net – Perguruan Tinggi sebagai penghasil ilmu yang bermanfaat memang haruslah menjadi cita-cita bersama. Ajaran Islam bahkan mengajarkan untuk memperbanyak kemanfaatan apapun yang dimiliki untuk sebanyak-banyaknya manusia.

Ketika pilihan kita berada di dunia pendidikan, maka salah satu tugas utama kita adalah berprestasi di dunia pendidikan.

Prestasi dalam manajemen dapat dianggap sebagai Key Performance Indicator (KPI) yang dapat menunjukkan apa yang harus dipertahankan dan apa yang masih dibenahi.

Ajaran Islam juga mengajarkan perlunya kita berlomba mencapai prestasi dengan istilah Fastabiqul Khairat. Dan capaian kita masing-masing pada akhirnya juga akan dilihat di akhirat nanti.

Kalau masuk surga, surga level berapakah kita, dan bila masuk neraka, juga memiliki level yang berbeda. Semua tergantung niat dan usaha yang dilakukan setiap manusia.

Adapun menyampaikan kabar positif dan menggembirakan, termasuk mengabarkan prestasi adalah juga merupakan ajaran agama.

Pendidikan kita sedang diuji dengan berbagai berita terkini, yang bisa jadi akan menjadikan individu ataupun institusi menjadi berburuk sangka dan bahkan pesimis akan kehidupan mendatang. Maka menyampaikan kabar gembira diharapkan selain dapat merupakan bentuk syukur nikmat seperti dalam QS Ad Dhuha 11, diharapkan dapat membangun semangat optimisme dan bersaing yang baik.

Selamat membangun dan mengisi kemerdekaan dengan fastabiqul khairat. Sukses Indonesia, sukses kita bersama.

Wallahu a’lam bishowab

Penulis: Dr Gancar C. Premananto

Koordinator Program Studi Magister Manajemen FEB Universitas Airlangga Surabaya

Sumber : https://suaramuslim.net/haruskah-berlomba-untuk-kebaikan/

Hits 1549