4 Tips Manajemen Sukses Saat Ikut Pameran

  • By Humas FEB
  • In MM News
  • Posted 27 Jun 2019

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Mengikuti sebuah pameran, bazzar, expo atau kegiatan sejenis lainnya sudah menjadi salah satu aktivitas pemasaran yang lazim dilakukan oleh sebuah perusahaan. Karena melalui pameran, sebuah perusahaan bisa mengenalkan produk dan brand baru, memperkuat branding produk ataupun perusahaan, menjalin hubungan baik dengan konsumen (customer service), mencari partner bisnis dan investor, meningkatkan penjualan dan lain sebagainya.

Namun, untuk bisa sukses menjaring konsumen melalui sebuah pameran tentu tidak bisa dilakukan dengan sembarang cara. Ada hal-hal yang harus diketahui, baik pada saat pameran tersebut berlangsung maupun setelahnya.

Pengamat ekonomi sekaligus dosen Universitas Airlangga (Unair), Dr. Gancar Candra Premananto, MSi., CMA memberikan beberapa tips manajemen sukses saat sebuah perusahaan mengikuti pameran. Apa saja?

Event-Product Fit

Pahami target pasar pameran, apakah sesuai dengan target pasar merk.

Experiential Design

Booth pameran selain sebagai lokasi untuk mendapatkan informasi produk, juga harus didesain yang menjadikan visitor tertarik masuk, berinteraksi dan mencoba produk. Penentuan tema ruang menjadi salah satu kunci utama.

Sales Personal and Activity Optimization

Tenaga penjualan harus mampu juga memberikan pelayanan yang khusus. Aktivitas pada jam padat kunjungan juga harus dirancang menarik.

Follow up

Mengingat pameran hanya untuk durasi waktu pendek, maka follow up acara juga harus dipertimbangkan. Mengkaitkan dengan aktivitas online dapat menjadi salah satu opsi, untuk mengeliminir sifat pameran yang BTL (Below The Line).

Demikian tipsnya, semoga bermanfaat. Salam brand. [ded]

Sumber : https://infobrand.id/4-tips-manajemen-sukses-saat-ikut-pameran.phtml

Hits 1029