E-Workshop "Riset dengan Data Science"

  • By Humas FEB
  • In MM News
  • Posted 04 April 2020

Tinggal di rumah (Working from home/WFH) tidak menjadi alasan untuk menjadi pasif dalam mengadakan kegiatan. Hal ini juga terlihat dari aktivitas di MM FEB Unair, yang juga masih aktif membuat kegiatan. Tidak hanya perkuliahan dan ujian, tapi juga dalam mengadakan Workshop.
Setelah tertunda akibat pencanangan WFH di berbagai institusi, Workshop mengenai bagaimana mengumpulkan Big Data dan menganalisis ya dengan Data Science dapat dilakukan secara daring pada hari Jumat 3 April 2020, Pukul 15.00-17.00 WIB. Diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai institusi, Bapak Hendro Margono, PhD, menjelaskan bahwa dari rumah sekalipun kita bisa melakukan riset. Diantaranya dengan aplikasi Rapidminer, maka peneliti dapat mengumpulkan dan menganalisis data yang luar biasa volumenya dari dunia virtual, dengan mudah dan cepat. Data dapat ditarik dari berbagai media sosial yang menjadikan riset lebih menarik dan Up to date.

eworkshop MM FEB UNAIR 3 Mar 2020

Disampaikan juga oleh Hendro, bahwa metode ini menjadikan tidak relevan lagi mendiskusikan kuantitatif dan kualitatif sebagai suatu hal yang terpisah. Bahkan dapat muncul sebuah pendekatan tersendiri dalam domain mix-methods.
Akhir e-Workshop masih menyimpan antusiasme untuk lebih dekat memahami penggunaan berbagai tools yang diberikan. Sehingga dibutuhkan pelatihan lebih teknis lagi dalam aplikasinya. Hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan oleh salah satu peserta, Prof. Dr. Tatik Suryani dari STIE Perbanas merasa senang dengan manfaat acara e-Workshop ini dan menyatakan perlunya pembelajaran lebih bertahap lagi.

eworkshop MM FEB UNAIR 3 Mar 2020 b

Lebih lanjut, materi Workshop dapat diunduh di situs MM berikut,

http://mm.feb.unair.ac.id/akademik/download/materi-seminar.html?download=247:introduction-data-science-3-april-2020

http://mm.feb.unair.ac.id/akademik/download/materi-seminar.html?download=246:data-processing-4-3-april-2020

Semoga bermanfaat. Baarokallah.... (gcp)

Hits 1164