Bikin Konsumen Inget dengan Cerita

  • By Super User
  • In MM News
  • Posted 28 Mei 2019

GCP KPS FEB Unair in Story Telling for Branding

Era komunikasi multiway di saat ini, menjadikan persaingan menjadi meningkat. Konsumen dapat memperoleh informasi baik dari pemasar maupun dari konsumen lainnya. Memasuki benak konsumen menjadi hal yang lebih sulit lagi, apalagi untuk memasuki hati konsumen.

Salah satu pendekatan yang dapat dicoba untuk menjadikan merk lebih mudah diterima adalah dengan menggunakan ...Storytelling_. Dengan memberikan cerita dibalik sebuah merk, konsumen dapat lebih memiliki kedekatan emosi dengan sebuah produk. Beberapa merk bahkan sampai membuat film untuk bercerita.
Bagaimana langkah membuat kisah yang baik, Dr. Gancar C. Premananto, KPS Magister Manajemen FEB Unair, memberikan tips 5S, yakni :

1. Sensitive to find something intesting,
2. Script writing,
3. Salience the interesting part.
4. Share it to right audiences.
5. Survey the effectiveness.

Storytelling dapat dilakukan untuk produk apapun, baik barang, jasa, personal, tempat dll. Bahkan kitab sucipun menyampaikan pesan keindahan diantaranya dengan memberikan kisah-kisah.

Maka pemasar yang baik, harus dapat membuat kisah yang baik untuk membranding produknya. Setidaknya untuk press release bagi media.

Baarokallah...(gcp)

Hits 716